Aduh bisa dibayangin gimana sedihnya kalo anak engga
mo makan terus menerus...dulu John juga
begitu....padahal s/d umur 18 bulan makannya ok
banget. Kebetulan waktu John 18 bulan bs nya terpaksa
diganti (yang lama sakit) dan saya mulai hamil adik
John. Sejak itu makannya susahnya minta ampun, bukan
cuma nasi tim, buah dan susu juga susah...sampe
umurnya 26 bulan...alhasil selama hampir 9 bulan itu
beratnya turun 1 kg.

Pas waktu saya cuti melahirkan...saya turun tangan
untuk ngebetulin pola makannya John. Semua vitamin
saya stop sama sekali...abis engga ada efeknya sih.
Saya coba disiplinkan dia...kalo makan harus duduk,
engga boleh jalan-jalan...boleh sambil nonton...tapi
tetep duduk. Pertama paling 10 menit...dapet istirahat
5 menit...terus mulai lagi. Jangan ditanya susahnya
kayak apa. Tapi, lama-lama kok mau ya.

Sekarang, John hampir 3 tahun..bisa makan 20-25 menit
duduk tenang...w/p kadang-kadang suka ngawur
juga...tapi jarang lah. Minum susu dan makan buahnya
juga ok. Kata dokter sih...waktu itu dia trauma karena
ganti bs plus kehamilan saya yang membuat dia aware
bakal ada saingan nantinya (w/p dia blon ngerti..tapi
dia ngerasa). Setelah si adik lahir dan dia liat bahwa
saya tetep aja perhatian sama dia....dia jadi lebih
terkendali...dan pola makan jadi baik lagi. Dalam
tempo 9 bulan ini berat badannya naik 3,5 kg.

Jadi, coba diperhatiin barang kali ada sesuatu yang
memicu pola makan Ariel jadi begitu. Kadang-kadang
pemicu seperti engga masuk diakal orang dewasa. Plus,
katanya....anak kecil juga perlu
kedisiplinan..termasuk soal makan...supaya dia jadi
lebih gampang diatur ...termasuk makannya.

Eh...kepanjangan melulu nih...semoga bermanfaat.

Stella