Saya mau share sedikit mengenai masalah ngempeng.
Kebetulan pengalaman saya menunjukkan dampak yang
kurang baik dari ngempeng.

Baru2 ini anak saya (Runi) mengalami infeksi telinga
yang menyebabkan demam yang sangat tinggi.
Setelah diobservasi oleh DSA-nya ternyata salah satu
penyebabnya adalah kebiasaan ngempeng dari anak saya
itu. Katanya, pada waktu si anak ngempeng, di belakang
mulut si anak terjadi pengumpulan ludah yang
berlebihan, yang ternyata menjadi tempat berkembang
biaknya kuman2 yang merugikan. Terus katanya lagi,
kuman2nya itu naik ke saluran yang menuju telinga,
sehingga terjadilah infeksi.

Menurut DSA-nya Runi, kasus yang sama beberapa kali
beliau temukan di anak yang ngempeng. Tambahan lagi,
anak teman kami juga mengalami hal yang sama sebagai
akibat dari ngempeng.

Sekian share dari saya. Hope this helps.

Bundanya Runi