From: Felicia Felicia <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Friday, June 15, 2001 9:03 AM
Subject: Re: [balita-anda] Seputar masalah ngempeng

: Saya mau share sedikit mengenai masalah ngempeng.
: Kebetulan pengalaman saya menunjukkan dampak yang
: kurang baik dari ngempeng.
:
: Baru2 ini anak saya (Runi) mengalami infeksi telinga
: yang menyebabkan demam yang sangat tinggi.
: Setelah diobservasi oleh DSA-nya ternyata salah satu
: penyebabnya adalah kebiasaan ngempeng dari anak saya
: itu. Katanya, pada waktu si anak ngempeng, di belakang
: mulut si anak terjadi pengumpulan ludah yang
: berlebihan, yang ternyata menjadi tempat berkembang
: biaknya kuman2 yang merugikan. Terus katanya lagi,
: kuman2nya itu naik ke saluran yang menuju telinga,
: sehingga terjadilah infeksi.
:
: Menurut DSA-nya Runi, kasus yang sama beberapa kali
: beliau temukan di anak yang ngempeng. Tambahan lagi,
: anak teman kami juga mengalami hal yang sama sebagai
: akibat dari ngempeng.
:
: Sekian share dari saya. Hope this helps.
:
: Bundanya Runi
:
: --- endra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
: > Mbak Devi,
: >
: > Saya tidak baca artikel yg dimaksud. Tapi kalau
: > disitu disebutkan ngempeng
: > boleh-2 saja agar si bayi nyenyak tidurnya, saya
: > kurang setuju. Masalahnya,
: > dampak negatif empeng juga ada, salah satunya bisa
: > menyebabkan gigi anak
: > jadi tongos atau tidak beraturan. Ini terjadi pada
: > keponakan saya sendiri yg
: > sedari bayi suka ngempeng, akibatnya giginya jadi
: > sedikit lebih maju.
: >
: > Kedua, biasanya empeng juga menyebabkan
: > ketergantungan. Contohnya ya
: > keponakan saya lagi, dia tidak bisa tidur kalo belum
: > ngemut empengnya.
: > Biasanya untuk lepas dari empeng juga butuh waktu yg
: > lama dan ketelatenan
: > sendiri dari orang tuanya.
: >
: > Jadi menurut saya, selama masih bisa dihindari
: > sebaiknya empeng tidak usah
: > diberikan pada si kecil. Ada beberapa cara lain
: > supaya bayi tidur nyenyak,
: > antara lain, sebelum tidur badan bayi dipijat dgn
: > lembut, diperdengarkan
: > musik lembut, buat ruangan sedemikian nyaman untuk
: > bayi (mis. udaranya
: > sejuk), beri penerangan yg redup.
: >
: > Begitu mbak yang saya tahu, semoga bermanfaat.
: > endra
: >