Admin BA,

Saya tidak tahu kemana usul ini harus disampaikan. Saya beharap admin dapat
menyampaikannya kepada penyelenggara milis ini.

1. Usul ini mengenai perlunya sensor kata-kata pada milis tercinta kita.
Seperti kasus pak Samy beberapa hari lalu, seharusnya tidak perlu terjadi.
Saya mengenal beberapa milis yang melakukan sensor terhadap kata-kata,
misal 'brengsek', 'bajingan', 'fuck you' dan sejenisnya akan dituliskan
menjadi '****' (tanda bintang). Secara teknik tentunya hal ini tidak
terlalu sulit. Programmer cukup menambahkan dan memasang modul sensor pada
milis servernya sebelum disebarkan ke setiap anggota milis.

2. Saya menggunakan Eudora. Informasi untuk 'stop berlangganan' yang ada di
footer tidak dapat di-click. Saya menyarankan untuk menambahkan kata
'mailto:' di depan alamat [EMAIL PROTECTED] Kata
'mailto:' merupakan kata-kata standar agar alamat email di belakangnya
dapat di-klick.
Bandingkan kedua baris dibawah ini:
Stop berlangganan, e-mail ke: mailto:[EMAIL PROTECTED]

Saya yakin tidak semua pembaca dapat meng-click baris pertama. Sebaliknya
pasti semua pembaca dapat meng-click baris kedua.

3. Masih berhubungan dengan poin 2. Konfirmasi unsubscribe saya merasakan
tidak diperlukan dan buang-buang waktu. Konfirmasi subscribe memang
diperlukan untuk menghindari penyalahgunaan email address. Tetapi
unsubscribe? Saya rasa cukup sekali saja, langsung kirim pernyataan telah
unsubscribe. Toh subscribe-nya mudah.  Kasus kesulitan unsubscribe sering
terjadi di milis, dan sangat menganggu dan menyita waktu bagi admin
sendiri. Karena pengguna menyangka telah unsubscribe, padahal masih
diperlukan konfirmasi yang kebetulan email konfirmasinya sudah masuk
trashbox. Eh... e-mail milis BA masih masuk membanjiri mailboxnya...

Semoga BA semakin baik lagi...

___Nurhidayat___