Kalau dibilang langka sih nggak juga, soalnya suka
dengar ada anak yang berulang kali panas, lalu
tiba-tiba meninggal (yang terakhir anak teman suami
saya, umur 16 tahun) ternyata ya meningitis itu. Hanya
karena gejalanya tidak jauh beda dengan demam biasa,
orang tua kurang serius menanganinya.
Kalau ada data statistik lebih baik ya, karena kita
jadi lebih concern. Penyakit ini kan dari virus, jadi
bisa dengan cepat menular, mungkin saja anak kita
tidak sering ke luar negeri dimana tingkat
meningitisnya tinggi, tapi teman play group/TK nya,
atau teman di day care nya, atau anak tetangga nya
sering, atau membawa virus tersebut, siapa tahu kan?
Vaksin ini tidak diwajibkan semata-mata karena
harganya mahal dan belum dapat disubsidi pemerintah,
tidak seperti imunisasi dasar (BCG,DPT,Polio dan
campak) tetapi tingkat urgensinya tidak lebih rendah
dari vaksin yang lain.
Memang kadang nggak tega melihat tiap bulan anak harus
disuntik, tetapi saya lebih memilih begitu, daripada
dikemudian hari melihat anak terbaring di RS dengan
kaki diinfus (dulu Dafi pernah diare, sayang sampai
sekarang belum ada vaksin yang aman).
Mungkin dokter di milis ini (dr Rudy) punya datanya
dok, tentang tingkat meningitis di Indonesia?

Mamanya Dafi