Pak, mungkin anaknya kena iritasi kulit ya Pak. Memang untuk bayi baru
lahir mudah sekali kena iritasi. Waktu membersihkan bekas Pup-nya, apakah
menggunakan kapas yang tepat ? Karena sering kali orangtua menggunakan
kapas kosmetik yang berbahaya untuk kulit bayi. Kapas tersebut bisa dibeli
di apotik kok Pak. Ada yang sudah berbentuk bulat-bulat / yang berukuran
kiloan (biasanya pembungkusnya berwarna ungu / biru muda). Untuk
penyimpanan, dan penggunaan sehari-hari, praktisnya, kapas yang telah
disiram air panas tersebut dimasukkan dalam toples tertutup.

Kenapa diberi minyak tawon Pak ? menurut Saya kulit bayi usia 17 hari masih
terlalu peka, dan minyak tawon biasanya hanya untuk bintik digigit nyamuk /
gigitan serangga. Dan menurut dokter kulit, anak yang sedang terkena
iritasi, sebaiknya tidak dipakaikan diapers dulu, sampai lukanya sembuh.

Kalau iritasinya (kemerahannya) sudah terlalu banyak, sebaiknya dibawa ke
dokter kulit aja (menurut pengalaman saya, dokter akan memberikan salep
racikan dan Myco-Z untuk pemakaian malam hari), atau dicoba dengan
menggunakan baby cream. Untuk iritasi ringan saya pakai baby cream dari
Seba Med. Ada pula yang menganjurkan untuk diberikan minyak klentik (minyak
kelapa buatan sendiri) dioleskan tipis-tipis setiap kali selesai BAK / BAB
(tentunya setelah dibersihkan) pada bagian yang terkena iritasi.

Semoga bisa membantu.

Erien
Mamanya Diaz & Regan