From: mamanya Dafi [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, August 02, 2001 3:39 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Madu buat ibu hamil

Mbak Dewi,
Selamat menjalani kehamilan ya.
Kalau saya kok agak pesimis dengan yang namanya madu
asli, meskipun mungkin katanya ada ciri-cirinya, tapi
kalau kita memang susah mendapatkan madu langsung dari
sumbernya, madu yang merknya sudah cukup terkenal saya
rasa cukuplah. Soalnya kalau yang kelihatannya sangat
'natural' kok malah takut cara pengolahannya kurang
higienis.
Tapi kalau madu rasa lebih banyak campurannya. Kalau
saya selalu beli madu Nusantara yang ada label
'dijamin asli' he..he..he..meskipun nggak tahu juga
deh.
Yang jelas madu bermanfaat bagi kesehatan ibu, kalau
kecerdasan bayi belum ada penelitian tuh, hanya kalau
ibunya sehat, makanannya bergizi dan nanti anaknya
diberi stimulasi yang diperlukan, ya pasti cerdas
dong.
Vitamin yang dari dokter apa namanya bu? yang
terpenting bagi ibu hamil tambah kalsium, dan
mutivitamin dan mineral lain, jadi kalau kedua obat
tersebut sudah mencakup semua ya nggak perlu tambahan
lagi, kecuali kalau ibu punya gejala kurang darah ya
perlu minum vitamin untuk tambah darah.
Kalau saya lihat komposisinya Supradyn cukup baik
untuk ibu hamil (kalau nggak dikasi vitamin dari
dokter lho).
Yang terpenting adalah makanan kok bu jadi vitamin,
madu dll sebagai suplemen aja. Untuk makanan beberapa
tipsnya :
1. Karbohidrat 1 1/2 porsi kali dari waktu tidak hamil
2. Protein 2-3 porsi dari waktu tidak hamil. Jadi
jangan nasinya yang 2 piring tapi ikannya tetap 1
potong lho...
3. Lemak 1-1 1/2 porsi dari waktu tidak hamil.
4. Sayur dan buah 2-3 porsi dari waktu tidak hamil.
5. Jangan makan bahan awetan atau diberi zat
pewarna(sarden, sayuran kaleng, cornet, sosis, daging
burger, chicken nugget dll).
6. Jangan menggunakan vetsin

Makanan saja tidak cukup, stimulasi lain perlu antara
lain :
1. Menjaga emosi kita agar selalu stabil. Kalau kita
stress bayi juga ikut stress karena aliran oksigennya
terhambat dan detak jantungnya juga jadi cepat.
2. Perdengarkan suara-suara (kaset lagu klasik, bacaan
Quran jika muslim, paling baik sih kalau ibunya yang
baca).
3. Ajak berkomunikasi, kalau perlu berikan 'nama' nya,
mulai 5 bulan dia sudah bisa dengar lho bu, dulu Dafi
waktu masih dalam perut selalu bereaksi kalau saya
bilang kata 'Abi' karena itu nama dia dalam perut.
4. Olahraga
5. Beribadah

Wah panjang juga nih nasehatnya, semoga berguna ya.

Mamanya Dafi