Dulu juga saya bermasalah dalam pemberian makanan
padat.  Maklum masih takut2 karena anak pertama, dan
yang kebayang kan .. biasanya minum susu apa
pencernaannya bisa terima kalau dia makan makanan semi
padat ..
Pertama2 sih saya kasih biskuit Farley setengah keping
aja dicairkan dengan air hangat, dan sore harinya jeruk
baby setengah juga.  Baru setelah kelihatannya doyan, 4
hari kemudian porsinya ditambah jadi satu keping dan 1
butir jeruk baby ...
Setelah agak lama (kira2 satu minggu) ditambah lagi
dengan bubur susu ..
Tapi yaaa .. sampai sekarang sih refleks mengunyah - nya
belum jalan ya Mbak .. saya juga bingung ..
Apalagi udah mulai makan nasi tim saring  .. didiemiinnn
aja di mulutnya . Kalau "didorong" pake air atau juice,
baru deh dia telen.
Diberikannya sedikit2 saja Mbak, karena kalau sendoknya
kepenuhan dia pasti spt mau muntah gitu (mungkin umpan
tekak - nya "kesenggol" makanan) ..

Tapi saya nggak kasih pisang karena emang bikin BAB -
nya keras.  Yang saya tahu sih, dengan penambahan
makanan padat, cairan yang masuk juga harus makin
banyak, apa dari sari buah atau air putih atau susu (kalau
sudah di atas 6 bulan bisa kuah kaldu) .. untuk
melancarkan pencernaannya ..
Yang saya berikan dari usia 4 bulan ..
bubur susu, biskuit Farley atau promina
buah : jeruk baby, pear xiang lie, pepaya, melon.
Semangka tidak saya berikan krn waktu baru dikasih satu
kali, pupnya langsung ada merah2 nya yang mengesankan
darah ... (pdhal bukan) .. tapi drpd takut yaaa dihentikan
saja deh ..

warm regards,
bunda Qiya

09:45am >>>
Dear netters,

Mohon sharing pengalaman dong mengenai cara pemberian
makanan padat pertama untuk bayi.

Chandra sekarang umurnya 4 bulan akhir minggu kedua.
Sejak menginjak 4 bulan saya mulai memberi makanan
padat, dimulai dengan pisang di sore hari pertama minggu
pertama. Setelah dua hari BAK-nya mulai keras sehingga
hari ketiga saya beri pepaya saja.
Masuk minggu kedua saya mulai beri biskuit Farley's pagi
hari dan buah sore hari. Pisang saya batasi karena sejak
makan makanan padat BAK-nya lebih keras dari biasanya.
Nah, sejak hari Sabtu Chandra belum BAK dan tadi pagi
dia mengejan keras sekali tapi BAK-nya tidak keluar.
Padahal sejak Jumat tidak saya beri pisang, hanya
Farley's dan pepaya campur jeruk baby. Farley's-nya pun
hanya saya campur air hangat tanpa susu dan saya beri air
putih juga supaya BAK-nya lancar.

Saya bingung, apanya yang salah ya sampai Chandra tidak
bisa BAK? Apakah Farley's-nya atau buahnya? Bukankah
pepaya itu memperlancar pencernaan? Lalu apakah benar
bahwa bayi yang BAK-nya keras sebaiknya diberi alpukat?

Mohon sharingnya dong, temans soalnya saya bingung dan
sedih sekali lihat Chandra nggak bisa BAK. Saya takut
berkepanjangan sehingga menyebabkan keadaan yang
lebih serius.

Tolong sekali ya,
Mila.