selamat siang bu nenden,
perkenankan saya sharing sedikit pengalaman.
begini bu, kalau anak itu cepat atau lambatnya bisa jalan menurut saya ada
beberapa faktor penyebabnya.

pertama, daya tumbuh kembang anak tersebut. karena setiap anak pasti
berbeda dan kita tidak bisa memaksakan kehendak apabila ternyata tumbuh
kembang anak kita itu lambat.

kedua, faktor keturunan. kalau pada umumnya menurut garis keturunan ibu dan
suami itu termasuk yang cepat atau lambat dalam perkembangannya (khususnya
berjalan), maka faktor ini juga akan berpengaruh.

ketiga, kandungan zat-zat penting dalam makanannya. kalau zat-zat penting
yang dibutuhkan dalam perkembangannya mencukupi ini juga menurut saya akan
berpengaruh.

keempat, latihan yang sering tetapi tidak memforsir kemampuan anak. ibu
bisa melatih berjalan anak ibu dengan memegang ketiaknya dan ibu
membimbingnya untuk berjalan.

saya punya saran yang menurut saya efektif dan mudah untuk dilakukan. kalau
seandanyai ibu beragama islam (maaf bukan sara) dan rumah ibu dekat dengan
mesjid jami yang biasa dipakai untuk shalat jum'at ibu bisa menunggu orang/
jemaah jum'at yang pulangnya lewat kerumah ibu denganmemintanya untuk
mengusap kedua kakinya dan meminta do'anya agar anak ibu capat jalan, insya
allah kalau banyak yang mendo'akan (dan do'anya tulus) allah akan
mengabulkan doa'nya, yang ini pengalam keluarga istri saya yang pada
umumnya 11 bulan anaknya sudah bisa berjalan dengan baik.

demikian bu nenden sharing dari saya, semoga bermanfaat.

salam

kustolani
http://www.kustolani.50megs.com