kalau pengalam kakak saya begini.
kakak saya (perempuan) nikah dengan pria wna (taiwan) dan dirumah
komunikasi terjadi dengan menggunakan 4 bahasa, yaitu bahasa sunda (asal
kakak saya), bahasa jawa (netap  di surabaya sampai dengan sekarang ),
bahasa indonesia dan mandarin.
pas anak pertamanya lahir terus tumbuh dan berkembang dengan komunikasi 4
bahasa tersebut, anak tersebut (keponakan saya itu), jadi lambat untuk bisa
berbicara dengan benar, semula kami takut kalau-kalau anak tersebut akan
mempunyai kelainan dalam berbicara (tuna wicara, dsb). baru pada usia
diatas 1,5 tahun dia bisa ngomong dengan jelas, tetapi sebelum usianya
tersebut kalau diajak/ disuruh dengan menggunakan ke-4 bahasa tersebut dia
mengerti dan sampai sekarang dia mudah sekali belajar bahasa sunda apabila
pulang kampung le bandung.

demikian dari saya.

salam

kustolani