Mba' Erien,
Pada mulanya kita tidak mengetahui kalau Thiza mengalami gangguan
pencernaan. Setelah 4 bulan ia mengenal makanan lunak, BAB-nya bisa 4-5
kali/hari dan konsistensinya lunak sekali tidak seperti pup biasa. Pada
waktu itu kita menyangka hal yang biasa (faktor keturunan), jadi tidak
pernah terpikirkan kalau itu menjadi masalah. Hingga suatu saat pada waktu
imunisasi tanpa sengaja Thiza pup di klinik (pampers) dan dilihat oleh Dr.
Tuti , beliau mengatakan bahwa pupnya tidak normal (apalagi dengan BAB yang
4-5 X/hari). Dr. Tuti menjelaskan bahwa perkembangan Sillia (serabut halus
dalam usus) tidak berkembang secara sempurna/pendek, yang mengakibatkan
usus tidak mampu menyerap sari makanan sehingga makanan yang masuk hampir
separuhnya dikeluarkan kembali oleh tubuh. Oleh Dr. Tuti diberikan puyer
racikan yang mengadung enzim pencernaan selama 1 bulan, dan 2 minggu setelah
pemberian obat tersebut sudah dapat terlihat hasilnya (beratnya bertambah
0.6 kg dan BAB 1-2X/hari). Maaf ceritanya kalau kepanjangan.

- Bundanya Thiza -