Saya pernah dilaparoscopy thn '99 sama dr Wahyu Hadisaputra di RS Bunda
Menteng. Waktu itu karena ada kista endometriosis di kedua indung telur
saya. Laparoscopy itu memang dibius total. Terus caranya : di perut kita
dibuat 3 lubang membentuk segitiga, puncaknya dipuser. Menurut dr Wahyu, yg
dipuser itu tempat masuknya kamera, dan yg 2 lagi tempat masuknya alat untuk
menghancurkan kista tsb.

Proses penyembuhannya cepat, besoknya setelah laparoscopy saya udah boleh
pulang. Setelah itu selama 3 bulan berturut-turut (1 x sebulan) saya
disuntik Zoladex, suntiknya di perut, sengan jarum yg segede jarum kasur
(he..he..he...yg ini sih hyperbola)

Hebatnya setelah 3 x suntik, saya langsung hamil (puji Tuhan...) duh..
senengnya karena emang udah ditunggu-tunggu sih.....

Kalau soal perlekatan itu, temen saya juga pernah ngalamin, setau saya kalo
begitu, indung telur bisa diangkat (itu pengalaman temen saya lho...mungkin
kasusnya beda ya....)

Saya anjurin temennya 'mba Ani konsul ke dr Wahyu, soalnya beberapa temenku
dgn permasalahan yg sama aku anjurin ke dia, dan sdh 2 lho yg
berhasil.......:)

Segitu dulu deh share-nya .....semoga berguna..

mama Davi