Mba' Ani,
Laparascopy itu suatu tindakan surgery yang menggunakan alat mikroskopik.
Jadi tindakannya itu memerlukan layar monitor dengan memasukan selang kecil
ke tempat yang akan dioperasi. memang lukanya kecil sekali (kira-kira 1 cm)
biasanya dengan 3 buah lubang di sekitar pusar kita. Biasanya sebelum
dilakukan tindakan Laparascopy, harus diketahui dulu diagnosanya, dengan
dilakukan pemeriksaan penunjang diagnostik, misalnya USG. Setelah diketahui
kelianan yang ada (mis : kista) dan lokasi yang jelas, dokter baru
merencanakan tindakan tersebut. Dan tentunya pasien harus mengetahui
penyakit/kelainan yang dideritanya dan tindakan yang akan dilakukan. Jadi
sebelum tindakan, dokter wajib untuk menjelaskannya secara rinci dan jelas
ke pasien.
Kalau dilihat dari kasus teman Mba', sangatlah menyimpang dari kode etik
kodokteran, karena dokter tsb. tidak menjelaskan ke pasien apa sebenarnya
yang terjadi selama sebelum dan sesudah tindakan operasi (kalau tidak ada
kelaian, diagnosa apa yang mendukung kalau ia harus dioperasi).
Jadi menurut saya, sebaiknya teman Mba' harus menanyakan ke dokter tersebut
mengenai penyakit dan perjalanan penyakitnya dari sebelum dan sesudah
operasi.
dan kalau boleh tahu, apakah sebelum tindakan pernah dilakukan pemeriksaan
diagnostik ?
Maaf kalau kepanjangan, masalahnya disini pasien sangatlah dirugikan.
Terima kasih.

- Bundanya Thiza -