----- Original Message -----
From: "wise wisdamianti" <[EMAIL PROTECTED]>

> Abinya Rahma, apa Bapak bisa menjelaskan lebih detil lagi maksudnya DSA
> Bapak?Apa sih dasar teorinya? kalo bener oat itu mengikat lemak, berarti
> bisa saingan ama vegeta dong untuk jadi obat diet..:))

Mbak Wise,
emang betul bisa saingan kok, karena vegeta itu sendiripada dasarnya adalah
serat, dan oat juga mengandung banyak serat. Jadi sebenernya yg. mengurangi
penyerapan lemak adalah serat-nya itu loh. Orang diet juga kalo bisa
makanannya dari serat2an...

> Wah, kalo yang dibutuhkan untuk perkembangan otak itu lemak doang, ya..
> tinggal minum minyak  aja banyak-banyak, batita gak cuma butuh lemak aja
> kan... (apa iya? kalo gitu tinggal dikasih minyak kelapa atau minyak
> ikan banyak-banyak?? :))

He-he-he... itu mah ekstrimnya, Mbak Wise. Maksud dokternya Rahma itu, lemak
adalah SALAH SATU yg. dibutuhkan utk. pertumbuhan otak. Lemak dhi maksudnya
secara umum, tapi khususnya bisa berupa asam lemak - asam lemak. Kita kan
tahu, kita butuh asupan asam lemak esensial karena tidak bisa diproduksi
oleh tubuh. Kalo pernah denger omega-3, omega-6, DHA, EPA, AA, asam
linoleat, asam linolenat, nah... itu semua ttg. asam lemak esensial.
Minyak tumbuhan mengandung banyak asam linoleat dan asam linolenat, linoleat
dlm tubuh bisa disintesa sebagian menjadi AA, linolenat disintesa sebagian
menjadi DHA dan EPA. Minyak ikan banyak mengandung EPA dan DHA.
Itu sebab anak di bawah 2 tahun tidak boleh dibuat diet rendah lemak (baik
dari susu dllnya)...

> Yanti sih umur 4 bulan udah saya kasih oat yang disaring dan dicampur
> madu,

Kalo tidak salah sih, oat dianjurkan utk. dikonsumsi sesudah anak berumur 6
bulan, karena karbohidratnya lebih kompleks, tidak spt. beras putih, roti
putih, tepung2an yg. merupakan karbohidrat sederhana. Sementara madu, malah
tidak dianjurkan utk. bayi di bawah 1 tahun, takutnya kena botulisme -
meskipun banyak ortu yg. bilang anaknya tidak apa2 kok, padahal selama ini
mengkonsumsi madu di bawah 1 thn... Tapi begitu lah referensi yg. saya
baca...
Di atas 6 bulan, oat baik utk. dikonsumsi, karena menghasilkan lebih banyak
protein dan kalori daripada beras. Soal kalo setiap hari, waah, saya nggak
tau tuh... Mungkin kalo memang nggak mau beras / kentang / mie sama sekali,
bisa dikompensasi dgn. memberi minyak ikan ? Nggak tau juga ya...?

Rien.