> [...]
>secara umum, tapi khususnya bisa berupa asam lemak - asam lemak. Kita kan
>tahu, kita butuh asupan asam lemak esensial karena tidak bisa diproduksi
>oleh tubuh. Kalo pernah denger omega-3, omega-6, DHA, EPA, AA, asam
>linoleat, asam linolenat, nah... itu semua ttg. asam lemak esensial.
>Minyak tumbuhan mengandung banyak asam linoleat dan asam linolenat, linoleat
>dlm tubuh bisa disintesa sebagian menjadi AA, linolenat disintesa sebagian
>menjadi DHA dan EPA. Minyak ikan banyak mengandung EPA dan DHA.
>Itu sebab anak di bawah 2 tahun tidak boleh dibuat diet rendah lemak (baik

Aduuh, mbak Rien ini serius sekali ya.... dua line pertama yang aku tulis
itu maksudnya guyon koq, makanya pake :))
tapi mungkin karena tidak berbakat menjadi pelawak, jadinya salah kaprah
begini ..
Oat emang banyak seratnya, konon vegeta juga banyak seratnya.. tapi
bendanya kan berbeda, Vegeta diproses di pabrik lebih lama dengan campuran
"rahasia" sementara oat itu ya oat. (Masalah vegeta sendiri ada beberapa
versi pendapat dokter lho.. kalo gak salah infonya ada di Kompas, tapi saya
lupa yang mana).

Tapi inti permasalahannya kan di isu:
1. apakah oat atau white wheat itu menyerap lemak (bener katanya Abi Rahma
itu) kalo pun iya, lemak apa aja yang diserap... apa yang ditampilkan
diiklan mengenai oat yang menyerap lemak, perlu diselidiki lebih lanjut,
maklum, namanya juga iklan, kadang banyak buzz wordnya.
2. mbak Rien sendiri menambahkan statement bahwa karbohidrat pada white
wheat atau oat tersebut lebih kompleks. Saya malah tau ada karbohidrat yang
kompleks dan tidak.. apa sih bedanya, trus apa efek sampingnya, apa ada
hubungannya dengan pencernaan, penyerapan pada tubuh, dll? trus kalo gitu
semua benda yang dibuat dari wheat seperti roti, bubur bayi yang pake wheat
flour itu juga sulit dicerna ya??? bukannya mereka sama-sama gandum (kalo
di kamus sama-sama tergolong grain).

>Sementara madu, malah
>tidak dianjurkan utk. bayi di bawah 1 tahun, takutnya kena botulisme -
>meskipun banyak ortu yg. bilang anaknya tidak apa2 kok, padahal selama ini
>mengkonsumsi madu di bawah 1 thn... Tapi begitu lah referensi yg. saya
>baca...

Nah kalo yang ini, boleh dong kasih tau referensinya apa.. saya baru tau
istilah ini dari mbak. Apa sih botulin itu? trus apa bener ada di madu?
kalo Webster cuma jelasin botulinum itu spora yan gmenghasilkan bakteri dan
menghasilkan botulinum.. berarti dari bakteri ya? trus apa hubungannya
dengan madu? tolong infonya ya, soalnya saya penggemar madu berat nih..
jangan-jangan saya sendiri udah kena botulinum..:).

>  Mungkin kalo memang nggak mau beras / kentang / mie sama sekali,
>bisa dikompensasi dgn. memberi minyak ikan ? Nggak tau juga ya...

udah koq, pake lemak susu ibunya (ASI).

O iya, sekalian tanya nih ama netters, ada nggak DSA, atau ahli farmasi
yang ikutan milis ini? koq gak pernah kasih

-Ma'e Yanti-