pak Bayu,

anak saya umurnya juga 13 bln., dan dia juga skrg
lagi malas mengunyah.  Padahal sejak umur 10 bln
dia sudah mau dikasih nasi biasa (bukan nasi tim).
Tapi sejak mulai belajar jalan (12 bln) dia jadi
mogok makan., stp sikasih makan selalu disembur.
Stlh ultahnya saya coba beri dia havermouth.,
alhamdulillah dia mau.  Sejak itu hampir stp
hari Ayyasy makan havermouth + lauk pauknya.  Tapi
ternyata nggak bagus ya diberi havermouth stp
hari (?) jadi mulai 2 hr yll saya coba beri dia
nasi tim (yg halus)., alhamdulillah dia mau.  Jadi
skrg dia makannya balik ke nasi tim lagi.

Kayaknya sih normal kalo anak seusia ini jadi
malas mengunyah., mungkin krn giginya mulai mau
'bermunculan'.  Anak2 tetangga saya juga dua2nya
begitu.  Umur mereka malah skrg sudah 16 bln.,
tapi juga hanya mau makan nasi tim.  Jadi saya
pikir itu masih normal sih.  Buat saya sih asal
Ayyasy mau makan aja saya sudah alhamdulillah
banget.

gitu aja sharing dari saya., semoga membantu...

salam
novi