Dear Pak Gatot,

beberapa waktu lalu sempat jadi topik yang hangat di milis ini (mungkin P'Gatot belum
bergabung)
memang banyak artikel mengatakan ada hubungan antara musik dengan kecerdasan anak,
terlebih musik classic
dimana ritme, intonasi, dan (...... lupa, istilah musiknya) yang sangat menonjol
sehingga bisa mempengaruhi
susunan saraf (terlebih otak kiri).

anak saya Andrew (15bln) saya lihat perkembangannya baik begitu juga DSA-nya bilang.
musik sudah menjadi bagian dalam kehidupan keluarga kami, pada saat saya mendengarkan
atau menyanyikan lagu
klasik bisa terasa signifikan dari ritme dan intonasinya yang bisa mempengaruhi
sesuatu yang ada dalam diri
(orang musik bilang, mempengaruhi jiwa).

Ok, P'Gatot
tetaplah dengarkan musik ke si kecil dan usahakanlah bernyanyi bagi dia, saya yakin
selain merangsang saraf
otak juga bisa terjalin hubungan yang mesra antara si kecil dan ortu.

Gby, mamanya Andrew.