Pada hari Mon, 1 Oct 2001 09:24:32 +0700
Arifia Indah Liani <[EMAIL PROTECTED]> menulis sbb:
> Terima kasih buat ibunya Hafizh, ibunya Rafi, mbak Evi, Pak Pepeng, mamanya
> Gabby, dan rekan2 netters lain buat infonya. Saya juga tergelitik dengan
> pertanyaannya mbak Rini, untuk menjaga kekenyalan payudara lebih baik
> memeras dengan tangan atau dengan alat ya ?

Setahu saya payudara tidak berubah jadi lembek atau tetap kenyal hanya karena
kita memeras ASI dengan tangan atau alat. Payudara mengalami perubahan
bentuk pada saat kehamilan dan bukan setelah melahirkan apalagi menyusui.
Jadi tidak menjadi masalah mau diperah dengan tangan atau alat, hasilnya
sama saja.

Kalau saya menggunakan alat karena kalau diperah dengan tangan hasilnya
jauh lebih sedikit dibanding dengan alat. Ini juga karena memang ASI
saya sudah semakin sedikit.

--
Ferona