Bayinya masih 5 bln kan ya ? yg saya tahu madu tidak boleh diberikan
kepada bayi  di bawah usia 1 th kebawah .... ditakutkan akan terkena resiko
botulism dikrnkan sistem pencernaannya belum sempurna.
Kecuali madu tsb memang murni dan steril (tapi biasanya jarang lho ...)

Berikut saya copy-paste email dr mbak Rien beberapa waktu yg lalu:
----------
> Nah kalo yang ini, boleh dong kasih tau referensinya apa.. saya baru
tau
> istilah ini dari mbak. Apa sih botulin itu? trus apa bener ada di
madu?
Bisa dilihat ke berbagai website kesehatan, spt. www.cdc.gov, search aja
botulism, atau juga di babycenter, search for 'botulism' atau 'honey'.
Di buku "Anak di bawah 1 tahun - perkembangannya bulan per bulan" juga
disebutkan resiko botulism bila memberi madu utk. anak < 1th. Begitu
juga di botol2 madu impor biasa sudah ditulis : jangan diberikan utk. anak <
1th.

> kalo Webster cuma jelasin botulinum itu spora yan gmenghasilkan
bakteri dan menghasilkan botulinum.. berarti dari bakteri ya? trus apa
hubungannya dengan madu? tolong infonya ya, soalnya saya penggemar madu
berat nih.. jangan-jangan saya sendiri udah kena botulinum..:).

Ma'e yanti jangan takut...he-he... orang dewasa yg. minum madu nggak
beresiko terkena botulism, karena daya tahannya juga udah OK. Jadi silahkan
terus
menikmati madunya deh...

Apakah C. botulinum  ada di madu ? Bisa iya, bisa tidak, karena tidak
ada pemrosesan madu murni yg. bisa bener2 steril. Juga mengingat bahwa C.
botulinum ini
adalah bakteri anaerob (tdk. perlu oksigen), maka makanan kaleng / botolan
juga bisa
merupakan sumber 'bahaya', kalo tidak dimasak dulu sebelum dikonsumsi.

Kira2 begitulah sependek pengetahuan saya yg. awam ini...:-)
Rien.

Kalo u/ minum obat berupa puyer, biasanya saya (seperti mbak metta)
gunakan pipet + puyernya dikasih air sedikit, dimasukin lewat rongga
mulut samping agak kedalam ...

Rgds,
Vina