Saya punya putra berusia 2 th 11 bulan dan putri 1 th 2 bulan. Anak saya
yang sulung sama seperti anak Mbak Sekarwangi, kemana-mana selalu diikuti.
Berubah perangainya semenjak adeknya berusia 2 bulan.Kuncinya kita harus
sabar dengan anak dan waktu.

Ikut balita anda juga banyak untungnya. Dulu pernah ada pedoman perkembangan
anak umur 2-3 tahun, 3 tahun keatas. Disitu disebutkan anak umur 2-3 tahun
sifatnya seperti :
- Keras kepala dan bimbang berubah-ubah pikiran
- mempunyai watak dan suasanan hati yang berubah
- belum mampu membagi perasaan,menuuggu, bergilir dan mengalah.
- bersifat negatif, selalu mengatakan tidak.
- Kecewa bila Ibunya tidah ada disisinya.dsb.

Saya perhatikan pada anak saya sifat diatas rata-rata iya. Sampai saat ini
sudah mulai agak berubah.

Sebulan yang lalu pernah dibahas masalah anak rewel dan mengatasi
pertengkaran balita, Pak Taupan Surana, dllnya pernah kasih saran dibisikin
pada waktu anak baru tidur 10-15 menit, kasih nasehat agar jangan rewel dan
sayang sama adek. Ini manjur lho asal rajin.

Kalau anak Mbak belum sekolah, mungkin dia merasa sepi jika tidak ada
mamanya, coba Mbak agak anak -anak saudara atau tetangga main bareng. Kalau
mereka sedang asyik main kita bisa melalukan aktivitas dirumah.

Saya masih menyimpan file Anak rewel + mengatasi pertengkaran balita dan
pedoman perkembangan anak, kalau Mbak mau nanti saya kirim lewat japri.

Salam
Ibunya Farist dan Dela.

http://www.indokado.com/