Umpet2an ini malah ngga' bagus lho!
Dengan kita menyatakan 'good-bye' ke anak, dia akan menyadari bahwa
memang ada saatnya ibunya [atau ortunya] harus pergi bekerja.
Dan sore hari, mereka [ibu/bpk] akan kembali lagi.
Umur berapa pun si anak, kita sebagai ortu harus tetap say good bye. Give
her/him a kiss and a big hug before you leave them. Then they'll
understand that you are going back to them again.

Hal ini saya lakukan juga ketika anak saya pertama kali ke sekolah. Dia
tdk mau ditinggalkan. Bbrp hari pertama memang berat sekali. Tapi dengan
tetap bilang good-bye, tanpa harus pergi menyelinap, dan kembali
menjemputnya, si anak belajar : ada waktu ortunya harus pergi
meninggalkannya dia, tapi dia belajar percaya bahwa ortunya akan tetap
kembali kepadanya.

Untuk ortu bekerja dengan anak yg pakai BS, sebaiknya setelah pulang
kantor, secapek apa pun Anda, tetaplah beri kisses and hugs kepada anak
Anda, dan sebisa mungkin uruslah dia sendiri. Biarkan BS/PRT masuk ke
kamarnya dan si anak bersama ortunya.

Semoga membantu!

best regards,
Quinike