At 06:18 PM 11/15/01 -0800, you wrote:
>Aku juga punya masalah yang sama dengan mbak Fitri,
>anakku sekarang hampir 23 bulan pipisnya baru bilang
>kalau udah basah.....padahal aku udah latih ke WC
>malah ngambek dia bilang....aku nggak mau pipis.....
>
>Aku heran bicaranya anakku sudah pintar tapi pipis
>tetap saja tidak mau bilang terlebih dahulu....apa
>karena terbiasa dengan pakai diaper.....dari bayi
>sampai sekarang aku pakaikan diaper terus memang
>walaupun dirumah........
>
>Mohon sharing dari yang lain juga....
>
>Thanks
>Dewi

saya seorang bapak nih,...bolehkan ikut nimbrung ?.
ini pengalaman Kami ( saya & IStri )
Rasanya perlu kesabaran kita untuk melatih anak kita pipis / BAB.
ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan kenali dari aktifitas anak
kita,
Misal
- Jam berapa / saat-saat bagaimana biasanya dia pipis/BAB
- Apa tanda-tanda yang dia tunjukan kalau mau Pipis/BAB

dari dua hal diatas, saya coba terapkan ke anak pertama saya Zahra (
sekarang usianya 2 tahun- sekarang kalau mau Pipis / BAB pasti minta dianter )
sejak umur 6 bulan Istri punya jadwal kapan dia pipis/BAB ,.. walau kadang
meleset tapi cukup membantu untuk mengurangi jumlah popok yang harus
diganti,... pada saat usianya 1 tahun ( kebetulan bicaranya sudah agak
lancar ...) dia sudah bilang kalau mau pipis,...satu hal yang harus
diperhatiakan adalah jangan sepelekan / dicuekin bila dia sudah minta
dianter,... karena kadang dia juga suka ngerjain kita,... bilang pipis
kalau sudah basah,....ngeselin ngga` tuh
berikan satu suasana yang menyenangkan kalau ngater dia ke WC,...
perhatikan juga WC nya juga,-kebersihanya,...dll.

demikian juga anak saya yang ke 2 nih,... Fathan ( 13 bulan ),.. dia sudah
bisa ngasih tanda kalau mau BAB,...untuk pipisnya,.  istri saya sudah
mem-prediksi kapan pipisnya,...ya sering sih melesetnya,...tapi
mudah-mudahan dengan kesabaran kita ,lama -
lama kita bisa dapatkan hasilnya,..

trims lho,..