Dear netters,
Anak saya (Dino, 3 tahun 2 bulan) kalau di sekolah suka memukul temannya.
Sekarang sih sudah agak mendingan, menurut gurunya. Kadang-kadang
penyebabnya karena dia marah atau melihat temannya terdorong atau dipukul
temannya, eh.. dia sok jadi pahlawan mukul temannya yang mendorong/memukul
itu. Dan akibatnya .. lebih parah.. karena anakku itu tenaganya besar sekali
dan kadang-kadang dia refleks aja mukul dengan apa yang ada di
tangannya.Gimana caranya supaya kebiasaanya ini hilang ya..
Saya sudah berusaha dari cara halus sampai agak-agak menghukum, seperti
bicara sama dia kalau mau tidur sampai menyembunyikan mainan dia di atas
lemari (saya bilang akan diturunkan sepulang sekolah kalau dia di tidak
mukul). Dianya sih kalau dibilangin pasti jawabnya "Iya ma.. Dino sayang
sama Mama".
Kelihatannya sih dia sebenarnya nyesel tuh kalau abis melakukan. Karena,
kadang-kadang dia pulang sekolah kalau saya telpon dan saya tanya.. tau-tau
udah sesenggukan sendiri dan akhirnya ngaku...Tapi menurut mbaknya, kalau di
sekolah dibilangin sudah nggak didengerin.
Aduh netters, ada yang punya cara lain ?

Satu lagi nih (maaf kebanyakan). Dia itu kalau di sekolah jarang mau baris,
kalau ditanya gurunya terus dia bilang "Sebentar lagi khan temen-temen Dino
juga masuk kelas khan ?"
Apa umum ya.. anak-anak seusia segitu tidak mau baris masuk kelas ?

Terima kasih lho sebelum dan sesudahnya.

Salam,

Mamanya Dino