Ibu Oci Ysh,
Membaca e-mail ibu saya teringat dengan kasus saya dengan anak pertama saya Dini, umur
3
tahunan lebih masih belum bisa bicara banyak (perbendaharaan katanya sangat minim) apa
lagi merangkai kata. Dini ( 5 th 1 bln ) juga dulu begitu, jarang diajak berkomunikasi
dengan ibunya, jadi banyak bergaul dengan TV dan VCD. Akhirnya saya dapat informasi
dari
sana-sini bahwa si anak harus banyak diajak ngomong / berkomunikasi. Akhirnya saya beli
buku bacaan dari Tiga Raksa ( 1 paket = 15 macam ), buku-bukunya hardcover & full
colour, sangat menarik bagi anak-anak seusia
anak ibu. Karena dia tertarik dengan gambarnya, akibatnya dia sering tanya-tanya apa
ini
- apa itu. Nah... pada kesempatan dia bertanya itulah kita bacakan buku itu dengan cara
yang menarik (dengan intonasi yang beragam dan gerak-gerik tubuh kita). Yang penting si
anak harus dalam keadaan enjoy, jadi kita jangan memaksakannya untuk melihat-lihat buku
tersebut kalau dia belum tertarik. Biarkan dia sendiri yang menginginkannya dan kita
dampingi dengan senang hati (walaupun kondisi kita capek dlsb). Akhirnya lambat laun
anak kita nanti akan bertambah perbendaharaan katanya dan dia akan dapat merangkai kata
(walaupun hanya berbentuk kalimat pendek/tiga kata atau dua kata).
Anak saya Dini sekarang TK ( 0 kecil ) dan dia sekarang sudah bisa membaca dan menulis
dengan lancar (tanpa diajarkan secara khusus tapi kita pancing minatnya untuk itu
secara
tidak langsung).
Demikian dulu bu' Oci sharing dari saya, semoga bermanfaat.