From:  Endra Wimajanti [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
<mailto:[SMTP:[EMAIL PROTECTED]]>
Sent:  08 Januari 2002 13:14
To:  [EMAIL PROTECTED] <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Subject:  Re: [balita-anda] Tanya : Dr Idham Amir

At 11:18 AM 1/8/02 +0700, you wrote:
>trus untuk bu Endra,
>kalau pilek + batuk itu kan disebabkan oleh virus ya, jadi ga perlu
>antibiotik dong............

Iya betul, tapi kenyataannya banyak loh dokter yg sakit pilek batuk aja
dikasih antibiotik. Kadang-2 alasannya krn batuk pileknya sudah lama dan ada
infeksi (biasanya pileknya jadi berlendir kental). Cuma ini pun menurut
prof. Iwan (spesialis farmakologi) umumnya tidak perlu diberi antibiotik.
>dan penyakit yg disebabkan bakteri itu selain diare, apa lagi ya bu ?
>Share dong bu informasinya..kan bisa buat referensi kalau dsa bikin resep
>antibiotik lagi......

Diare juga tidak selalu bakteri penyebabnya, bisa krn perut tdk tahan thd
keasaman/pedasnya masakan, juga kadang-2 hanya krn masuk angin, atau hal
lainnya (cmiiw). Lagi-2 selama anak saya diare dan dibawa ke prof. Iwan
beliau tidak pernah kasih antibiotik, bahkan Caopectat (obat cespleng diare
andalan dsa) saja tidak. Beliau hanya kasih pedialyte, kurangi minum susu
dan sayuran, jaga asupan makan dan jangan sampai dehidrasi.
Penyakit yg disebabkan oleh bakteri.., saya hanya ingat TBC dan maag.
Mungkin ada rekans yg mau koreksi/nambahin, silakan...
                                salam,
                                endra