Dear Netters,

Putri saya saat ini umur 2 bulan. Sejak baru lahir sampai saat ini apabila
BAB (Buang Air Besar) selalu mengejan sambil nangis dengan "kejer" sampai
mukanya biru. Biasanya kalau bayi khan BAB satu hari bisa sampai 3-4 kali,
tetapi putri saya hanya sehari 1 kali malahan kadang kadang bisa 2-3 hari
baru BAB. Bentuk & warna tinja normal dan tidak keras. Pernah dicoba hanya
dengan diberi ASI saja maupun susu botol saja tidak ada perubahan.
Pernah kami konsultasikan dengan beberapa DSA dan terakhir diperiksa oleh
dokter ahli bedah anak untuk diukur lubang duburnya. Bentuk & ukuran
lubangnya normal & tidak ada kelainan. Dicurigai putri kami mengalami sakit
yg dinamakan "hirrs sprunge" (mohon dikoreksi apabila salah ketik). Ini
adalah suatu kelainan dalam usus dimana ada sebagian usus yang tidak
mempunyai syaraf sehingga jalan keluarnya harus dioperasi untuk dibuang
bagian usus tsb dan disambung kembali.
Waaah....membayangkannya saja sudah ngeri. Katanya tidak ada obatnya atau
tidak ada jalan lain kecuali operasi.

Apakah ada diantara netters yang pernah mengalami hal seperti ini & mohon
saran apa yg harus kami lakukan apabila memang harus dioperasi. Apakah rumah
sakit & dokter disini bisa dipercaya?
Thanks.

Regards,

Chandra Budiman