Pak Charles,

Dulu saya juga kuatir putri saya buta warna. Namun alhamdulillah kekuatiran
saya tidak terbukti.
putri saya umur 2 thn 2 bulan, baru saja bisa membedakan warna setelah semua
warna dikatakan Hijau.
Saya banyak mendapat masukan dari rekan2 Balita Anda tentang bagaimana
mengajar warna
Beberapa yang menurut saya pas untuk anak saya adalah:

1. Mengumpulkan warna yang sama :
Misalnya dengan balok2 lego, kita contohkan dahulu : Misalnya "Ini yang
warna merah semua dimasukkan ke kotak yaa..."
Setelah selesai dengan warna merah, baru warna kuning, dsbnya...
Bisa juga untuk pertama-tama, kita fokuskan bahwa hari ini belajar warna
merah.. jadi balok lego yang dikumpulkan merah, sehabis itu mencari topi
merah, kancing merah, dsbnya.. untuk membantu dia  mengingat warna merah.

2. Buku Cerita.
Sambil bercerita, kita fokuskan ke warnanya. Misalnya Kelinci PUTIH sedang
berjalan-jalan. Lalu dia melihat buah apel yang berwarna MERAH. Kemudian
kita ulangi membacakan cerita yang sama, tanyakan warna Kelincinya atau
apelnya, dsbnya

3. Mewarnai
Sambil mewarnai bersama, saya akan minta tolong ia mengambilkan crayon untuk
saya. Pohon warna hijau, tolong ambilkan crayon hijau..

Semoga membantu, Pak..

Dian Rahmawati
PT. Pacific Communication Network
Tel : 62-21-58302430