dear all,
ketika berusia empat bulan satu minggu, putra saya (Aradi, sekarang enam
bulan) menunjukkan gejala yg oleh dokter disebut sebagai 'involuntary
movement'. ceritanya pada waktu itu, selama tiga hari berturut-turut,
setiap kali sedang meng-ASI sesudah mandi pagi, kepala dan tangannya
sering bergetar (seperti orang dewasa gemetaran kalau sedang -maaf-
pipis) selama kurang/lebih lima detik. dan ini hanya terjadi bila Aradi
sedang saya susui.

lalu, oleh dokter spesialis saraf anak, Dr. Dwi Putro di RSPI, Aradi
disuruh EEG. hasilnya, alhamdulillah, tidak menunjukkan kelainan apapun.
intinya, menurut dokter, tidak ada masalah di sistem sarafnya. karena
itu, getaran kepala dan tangan Aradi dikatakan sebagai 'involuntary
movement', yang tidak diketahui sebab-musababnya, dan dianggap sebagai
sesuatu yang 'normal dan tidak mengkhawatirkan', lama-lama akan hilang
sendiri. Aradi tidak diberi obat apapun, dan tidak diusulkan untuk
menjalani terapi apapun. hanya saja, supaya tidak bergetar-getar lagi,
saya disarankan untuk tidak menyusui Aradi setelah mandi pagi.

saran itu saya turuti, dan sejak saat itu involuntary movement ini tidak
pernah muncul lagi. sampai dua hari terakhir ini. ketika sedang tidur,
seringkali tiba-tiba kepalanya gemetar seperti dulu. tidak lama,
dua-tiga detik, lalu berhenti sendiri. saya mulai khawatir, tapi untuk
membawanya ke dokter lagi, rasanya jawaban dari dokter tidak akan beda
dengan dua bulan yang lalu.

apakah ada para bapak dan para ibu yang putra/putrinya pernah mengalami
hal yang sama? sampai berapa lama hal ini terjadi? dan apakah memang ini
sesuatu yang 'normal'?

mohon maaf jika cerita saya panjang sekali.
sharing dari rekan-rekan sangat saya harapkan.

salam,
riris.