From: Andy Koerniawan <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, March 26, 2002 6:20 PM
Subject: [balita-anda] ngempeng dot

Dear teman2x balita_anda,

Saya ada pertanyaan mungkin ada yang bisa bantu atau membagi pengalaman.

Saya ini baru saja menjadi bapak dikarunai seorang anak lelaki sekarang
baru berumur 1 bulan.
Jika anak saya selesai menete dan masih gelisah karena mencari tidur dia
akan tetap menete sampai akhirnya tertidur. Hal tersebut sering
dilakukan sehingga waktu menete menjadi lama sementara si anak tidak
menete untuk minum melainkan ngempeng.
Karena permasalah tersebut akhirnya kita berikan empeng dot agar memberi
kesempatan pada siibu untuk bisa istirahat atau melakukan aktifitas lain
sebagai persiapan jika si anak bangun. Selain menjaga agar siibu bisa
istirahat juga untuk menghindari sianak agar tidak kembung karena hanya
menghisap angin jika air susunya kebetulan tidak begitu lancar.

Dengan memberikan empeng dot ternyata tidak juga menyelesaiakan masalah,
si anak jika sedang rewel karena bosan atau sedang mencari tidur akan
diam jika ngempeng pada dot.
Saya mengkwatirkan tindakan tersebut akan menjadi kebiasaan bagi si
anak. Apakah ada cara untuk mengalihkan kebiasaan ngempeng tersebut ?
karena ada pendapat jika anak sering ngempeng dari dot bisa merusak
bentuk mulut (menjadi maju) dan struktur gigi, apakah benar pendapat
tersebut.=20

Terima kasih sebelumnya jika ada masukan dari teman2x balita-anda.

Regards,
Koerniawan

http://www.indokado.com/