Pak Andi,

Saran saya juga sama, sebaiknya jangan ngempeng. Saya nggak tahu sih apakah
ngempeng itu pasti menyebabkan gigi anak jadi tonggos. Setahu saya bayi-bayi
Amerika juga diberi empeng dan rata-rata giginya bagus-bagus juga. Tapi anak
temen saya 3 th punya kebiasaan ngempeng jempol dan memang gigi atasnya jadi
maju, sementara sampai sekarang sulit sekali untuk melepaskan kebiasaan itu.

Diluar masalah ngempeng itu membuat gigi maju atau tidak, sebaiknya jangan
membiasakan anak tergantung pada sesuatu. Nanti akan sulit jadinya kalau
ketergantungan itu keterusan. Saya punya tante yang sampai umur 40 lebih dan
punya cucu masih ngempeng jempol kalau lagi bengong, kan jelek banget
dilihatnya. Dan pas sadar dianya sudah terlanjur malu. Ada lagi teman yang
sangat tergantung sama sarung bantal yang dipakai sejak kecil, jadi
kemana-mana harus bawa sarung bantal itu, kalo nggak akibatnya dia nggak
bisa tidur. Padahal sarung bantal itu sudah super butut, warnanya bulek dan
baunya juga nggak sedep :-)) Itu kan lucu dan sekaligus kasihan karena
mereka nggak bisa melepaskan diri dari ketergantungan yang membuat mereka
merasa nyaman.

Jadi saya setuju sama Mbak Rini Manisss, coba cari cara lain untuk
menidurkan si kecil deh Pak, pelan-pelan karena tidak mudah tapi kalau sabar
dan telaten Insya Allah pasti bisa. Soalnya perilaku dan kebiasaan bayi itu
kan tergantung bagaimana kita.

Salam,
Mila.