Buat para Ibus dan Bapaks...ini dari milis tetangga... semoga bermanfaat....

Mama Alya

No telp penting untuk lapor babysitter kejam

No. Telpon Penting - PERLU DICATAT SEMUA IBU-IBU:

Kalau suatu saat  kita atau teman kita atau siapapun mendapat baby
sitteratau pembantu kejam, jangan  cepat-cepat emosi terus langsung memecat
dia.  Kita tetap tenang tapi langsung bertindak yang tepat.
Tindakan yang perlu kita ambil segera adalah:
 1. Amankan anak kita misalnya kita ambil cuti
 2. Amankan baby sitter/pengasuh anak/pembantu supaya dia tidak kabur.
 3. SEGERA laporkan ke Komnas anak, bawa anak kita, baby sitter/pembantu
yang  kejam itu ke Komnas anak.
 4. Komnas anak akan memberi informasi tindakan yang diperlukan dan juga
akan  membantu dengan membuatkan appointment ke dokter di  RSCM dan memberi
surat rujukan ke RSCM (di RSCM ada bagian khusus untuk ini).
 Di RSCM anak kita akan diperiksa sejauh mana anak mengalami trauma secara
fisik dan mental (psikolog).
 Di RSCM ada dokter dan ada psikiater yang akan memeriksa trauma fisik &
mental
5. Lapor ke Polisi,  bagian khusus penanganan Perempuan dan Anak. Bukti
trauma fisik & mental sangat penting!
 Jangan sampe anaknya sembuh dulu baru kemudian melapor polisi!
6. Saksi mata lainnya juga bisa menguatkan laporan misalnya pembantu
lainnya, tetangga, dll.Kita harus berusaha
menghentikan atau paling tidak meminimalisir tindakan kejahatan terhadap
anak ini dengan melaporkannya ke polisi
supaya pelakunya jera dan tidak lagi bertindak kejam terhadap anak lainnya.
Buat mereka,  dipecat kerja itu soal kecil....mereka dengan mudah pindah
yayasan, pindah  kerja dan menjadikan anak-anak lainnya korban
kekejamannnya. Dengan melaporkan kasus kasus ini kita juga mendidik Yayasan
Penyalur agar Yayasan Penyalur
lebih bertanggung jawab dan lebih selektif, tidak sembarangan menyalurkan
anak buahnya. Satu hal lagi....
Perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga juga  bisa melapor ke
nomor telpon tersebut diatas.
Mereka dengan sangat ramah akan membantu dalam bidang konsultasi, hukum,
dll. Demikian informasinya...semoga bermanfaat.  Mohon informasi ini
disebarluaskan ke teman-teman lainnya.  Terima kasih.