Para ortu ..

Anak saya - Basma (1.2 tahun) kalau dibandingkan kakaknya (Alifa - 3 tahun) waktu seumur itu bicaranya masih gak jelas dan perbendaharaan katanya gak banyak, hanya 3-5 kata dengan lafal gak jelas itupun semuanya hanya yang ada vokal "a" atau "o", misalnya "jatoh" (jatuh), "bobo", "ayah", selebihnya hanya "babababa" atau "eh eh eh" akan tetapi kalau diberi perintah sederhana "ambil mobilnya, dik" atau "taruh baju di keranjang" dia mengerti.

Mohon saran dong, apa memang anak perempuan lebih cepat bicara dibanding laki-laki? Kakaknya sudah "cerewet" sejak umur 10 bulan sampai sekarang. Apa para netters ada pengalaman serupa? Bagaimana ya menyiasatinya? Umur berapa yang harus diwaspadai bila belum juga bisa bicara?

Padahal stimulasinya kurang lebih sama, saya bacakan cerita, bernyanyi, kami bicara selalu menggunakan bahasa normal (bukan bahasa bayi) sampai main tunjuk benda sambil menyebutkan namanya, tapi kok kayaknya tidak mendapat reaksi (dia tidak berusaha menirukan bunyi tsb).

Terima kasih sebelumnya. Maaf kalau kepanjangan :)

Bundanya Alifa & Basma

Maya Meilani
PT Lyman Investindo
Corporate Secretary Department