Halo,

Karena suami saya suka sekali berenang jadi waktu anak saya 5 bln sudah
"kenalan" dengan air di kolam renang. Meskipun cuma nyemplungin sebatas
dengkul nya doang dan nggak lebih dari 2 menit. Waktu sudah bisa duduk
tegak sendiri saya bawa lagi ke kolam renang, meskipun nggak lebih dari
5 menit tapi kali ini badannya juga masuk air. Menurut pendapat saya dan
suami, nggak berbahaya asal diawasi terus supaya air kolam tidak sampai
terminum, kalau sudah selesai jangan lupa di mandikan dan diberi
penghangat supaya tidak masuk angin, sediakan biskuit atau susu karena
biasanya habis berenang jadi lapar dan berenang nya juga jangan siang
bolong (waktu matahari tinggi). Saya nggak tauk apakah ini akibat
berenang atau emang bawaanya aja tapi anak saya sudah rambatan saat
usianya 7 bln dan  menjelang 11 bln sudah bisa jalan, 12 bln sudah
lari-lari.

Sekarang umurnya 18 bln, kalau ikut  mengantar ayahnya ke kolam renang,
belum buka baju aja bawaanya pengen nyemplung duluan, susah keluar dari
air, tidak mau pakai ban dan maunya bareng sama ayahnya di bagian yang
dalam. Kami nggak pernah terpikir sedikitpun memaksakan dia untuk cepat
bisa berenang, sejujurnya kami mengajak nya karena pengen tauk reaksinya
bagaimana. Ternyata wajahnya berbinar-binar, dia seneng banget dan
sampai saat ini perkembangan nya baik-baik aja.

Happy swimming !

Salam,
Tiara