Aduh Mbak....,

kalo ASI-nya cukup mah gak usah mikir mo ngasih susu tambahan deh,
coz tiada satupun susu formula yang mampu menandingi kelengkapan kandungan
gizi ASI.

Saya pernah baca referensi (buku atau internet saya lupa),
jangan pernah bercita-cita dan berusaha dengan segala macam cara supaya anak
jadi gemuk,
ini stereotip yang udah ketinggalan zaman,
yang penting anak sehat dan beratnya cukup
(sesuai standar menurut umur/tinggi badan/jenis kelamin/berat lahir)

Oya, ngomong2 soal standar ini ada info bhw Tabel pertumbuhan berat badan
di Kartu Menuju Sehat (KMS) yang suka kita dapat dari Rumah sakit/posyandu
udah gak valid lagi buat anak Indonesia jaman sekarang,
coz ada kecenderungan bayi2 sekarang rata-rata berat dan pertumbuhan
beratnya lebih besar
dibanding bayi2 Indonesia at least 10-20 tahun yll.
Emang bener sih kalo saya lihat pertumbuhan berat Raissa (6 bulan)
dibandingkan KMS
jadinya overweight melulu, tapi kalo saya bandingkan dengan tabel
pertumbuhan di
www.keluarga.org, berat Raissa normal2 aja tuh.
Apa betul info ini?  Pak Dokter, mohon pencerahannya.

Bunda Raissa
(yang gak mampu kasih ASI buat Raissa....hikkksss)