Betul Bundanya Raisa.  Kalau asinya cukup terusin aja, toh dokter di
belahan manapun di dunia ini mengakui bahwa tidak ada satupun susu
formula yang bisa menandingi kelebihan asi. Tidak ada istilah kualitas
rendah, tinggi atau jelek buat ASI. Bahkan susu formula buatan luar
negeri dan yang paling mahal sekalipun nggak akan bisa menandingi
kecanggihan asi. Kalau saya di beri kesempatan untuk bisa asi eklusif
sampai 6-7 bulan, saya bersyukur sekali. Tujuan pemberian asi memang
bukan untuk membuat anak jadi gendut tapi jadi sehat dan punya daya
tubuh yang sangat baik, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Menurut dsa saya (hari martono), anak gendut lebih karena bawaan bukan
karena asi. Bukan berarti anak yang dapat asi ekslusif dan berbadan
tidak gemuk artinya tidak/kurang sehat di banding dengan anak yang
gemuk. Oleh dokter di sebutkan bahwa asi tahan di freezer untuk jangka
waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan tapi pada prakteknya nanti,
berdasarkan pengalaman saya dan rekan-rekan saya di kantor sih jarang
sekali kita menyimpan asi sampai berhari-hari atau malah berbulan-bulan.
Paling lama 2-24 jam. Asi yang di simpan di freezer sampai beku jangan
langsung di hangatkan tapi harus di cairkan dulu di dalam kulkas biasa
(bukan freezer nya). Kalau minum asinya sering (2-3 jam sekali) dan
banyak mendingan jangan di freezer.

Salam,
Tiara