Terimakasih Ibu Icha atas info nya.

Best Regards
Suwarni Daim.

-----Original Message-----
From: Icha Triyanta [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Monday, July 08, 2002 4:01 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Mimisan

mohon maaf jika ada yg keberatan, atas permintaan ibu Suwarni, berikut saya
copy-kan artikelnya.

salam

Jika Anda Mimisan

satuwanita.com - Tentu Anda pernah mengalami keluar darah dari hidung, atau
yang biasa disebut mimisan. Mungkin saat Adna masih kecil, atau bahkan
beberapa waktu yang lalu. Walaupun tidak sakit, tetapi buat kita tidak
mengenakkan. Dan Anda langsung menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres
dalam diri Anda.
Mimisan itu sendiri sebetulnya ada dua jenis.
1. Mimisan Anterior; Yaitu mimisan yang berasal dari hidung bagian depan.
Pada mimisan jenis ini pembuluh darah hidung yang sangat kecil (Capillaries)
pecah sehingga mengeluarkan darah.
2. Mimisan Posterior; Disebut juga dengan mimisan yang berasal dari bagian
paling dalam dari hidung dan umumnya darah langsung mengalir ke tenggorokan
meskipun penderita sedang berdiri maupun duduk. Remaja jarang yang mengalami
mimisan posterior ini. Umumnyaini terjadi pada orang dewasa, orang yang
mengalami masalah dengan tekanan darah dan orang-orang yang mempunyai luka
di wajah atau hidung.
Penyebab mimisan anterior umumnya karena udara kering. Iklim yang kering dan
udara di dalam ruangan yang panas dapat membuat iritasi selaput yang
terdapat di dalam hidung, menyebabkan timbulnya kerak yang terasa gatal dan
berdarah ketika disentuh.
Penyebab lainnya adalah virus, influensa dan alergi. Pada kasus alergi,
biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin dan dekongestan yang dapat
mengontrol rasa gatal, kaku dan rasa basah pada hidung.
Beberapa cara menghentikan pendarahan :
· Gunakan tissue atau lap basah untuk menampung luka.
· Tetap duduk atau berdiri agar kepala tetap berada di atas jantung.
· Miringkan kepala ke arah depan dan pencet cuping hidung Anda tepat di
bawah bagian tengah tulang hidung.Tindakan pertama ini dapat menghentikan
darah yang mengalir dan mimisan akan berhenti dalam waktu sepuluh menit.
· Kompres area sekitar hidung dengan es batu atau lap dingin.
· Anda juga dapat mengambil selembar daun sirih kecil, jika di tempat ada
pohon tersebut. Remas-remas dan masukkan ke lubang hidung.
Jika Anda mimisan jangan tenggakkan kepala ke arah belakang karena darah
dapat tertelan dan Anda bisa muntah. Jika darah belum berhenti juga dalam
waktu 10 menit cepat panggil dokter. Jangan mengangkat barang-barang yang
berat yang dapat membuat Anda merasa tegang. Jangan pula mendenguskan hidung
Anda karena dapat menyebabkan mimisan tambahan.
Umumnya mimisan tidak perlu dicemasi. Hanya saja jika mimisan secara berkala
muncul - misalnya seminggu muncul lebih dari satu kali - maka Anda harus
pergi ke dokter untuk diperiksa lebih detil. Pecandu kokain juga termasuk
yang terkena mimisan frekwentif ini.

Menghentikan Mimisan

satuwanita.com - Anda atau kenalan Anda pernah mengalami mimisan? Yang
disebut mimisan adalah mengeluarkan darah dari hidung. Kemungkinan karena
benturan atau jatuh dan masih banyak penyebab lainnya. Lantas, bagaimana
cara Anda mengatasinya?
Caranya mudah, ambil daun sirih, setelah itu Anda cuci bersih, patahkan
batangnya kemudian daunnya digulung dan masukkan ke dalam lobang hidung yang
mimisan tadi. Ingat, selama hidung disumbat, si penderita harus direbahkan
Anda sebaiknya tidak duduk. Biarkan selama kurang seperempat atau setengah
jam, darah sudah tak keluar lagi dan mimisan Anda lenyap.
Ingin coba? Resep di atas dapat membantu Anda. Selamat mencoba dan sukses
untuk Anda!