Bapa'e maisyandra,
Pengalaman saya kalau anak pilek dengan  hidung tersumbat biasanya saya beri neo
triaminic oral drop, tapi itupun atas resep DSA. Untuk membantu meringankan gejala
hidung tersumbat, bisa gunakan aromatherapy dengan menguapkan minyak eucaliptus di
dalam ruang tidurnya. Caranya siapkan mangkuk kecil berisi air panas lalu teteskan
essential oil/ minyak eucaliptus 2-3  tetes, lebih baik lagi kalau ada tungkunya, jadi
air tetap panas dan penguapan terus berlangsung. Selain kamar bayi jadi lembab, uap
eucaliptus bersifat antiseptik yg cukup baik, paling tidak mengurangi penularan lewat
udara.
ASI jangan dihentikan, kalaupun ibunya minum obat, konsentrasi obat yg masuk ke ASI
sangat sedikit (coba tanyakan lagi ke DSA, kalau2 saya salah) jadi tidak mempengaruhi
bayinya. Seperti saran rekan2 yg lain,  sebaiknya ibu gunakan masker saat menyusui.
Mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih.

Kirim email ke