From: Nia Andriana <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Cc: <Nia [EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, July 09, 2002 2:45 PM
Subject: [balita-anda] RE:(balita-anda) Flu/pilek

Bapa'e maisyandra,
Pengalaman saya kalau anak pilek dengan  hidung tersumbat biasanya saya beri
neo triaminic oral drop, tapi itupun atas resep DSA. Untuk membantu
meringankan gejala hidung tersumbat, bisa gunakan aromatherapy dengan
menguapkan minyak eucaliptus di dalam ruang tidurnya. Caranya siapkan
mangkuk kecil berisi air panas lalu teteskan essential oil/ minyak
eucaliptus 2-3  tetes, lebih baik lagi kalau ada tungkunya, jadi air tetap
panas dan penguapan terus berlangsung. Selain kamar bayi jadi lembab, uap
eucaliptus bersifat antiseptik yg cukup baik, paling tidak mengurangi
penularan lewat udara.
ASI jangan dihentikan, kalaupun ibunya minum obat, konsentrasi obat yg masuk
ke ASI sangat sedikit (coba tanyakan lagi ke DSA, kalau2 saya salah) jadi
tidak mempengaruhi bayinya. Seperti saran rekan2 yg lain,  sebaiknya ibu
gunakan masker saat menyusui. Mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih.