Bu Novita wrote;
>Dear Bapaks/Ibus Netter AB yg baik,
>
>Anak saya, 14 bulan 2 hari blakangan ini sakit cacar air. Panasnya udah
>turun, tapi cacarnya itu lho..merah & berisi air, jadi selalu kegatelan
>gak bisa tidur.
>Sama DSAnya cuma dikasih obat pilek (kebetulan juga pilek),physohex &
>salep kulit (seminggu yg lalu juga sakit Cacar Api tapi cuma sedikit).
>Selama ini saya kasih bedak salicyl & tidak mandi/keluar, tapi tetap
>ber-AC utk mencegah keringat agar tidak tambah gatal.
Sekedar sharing bu Novita,tahun lalu kami sekeluarga kena cacar air(disini
biasa disebut chicken pox) yang sedang mewabah.Mulai dari saya yang sudah
dewasa, sampai ketiga anak saya bergantian,(ketiganya berusia 4 bulan
hingga 4 thn).Paling parah adalah bayi saya yang saat itu masih 4
bln.Bersyukur saat itu spring,jadi tidak masalah dengan panasnya udara.
Dari dokter disini, tidak diberikan obat khusus penyembuh(karena katanya
sih memang nggak ada obatnya) akan sembuh sendiri setelah semua cacar air
keluar.Hanya disarankan untuk memberikan lotion calamine (rasanya dingin)
yang dioleskan pada bintul-bintulnya untuk mengurangi rasa gatal.
Bila bintul belum berkembang menjadi bintul yang berisi air(masih merah
saja) dengan diolesi calamine ini juga bisa mencegah besarnya.
Dari beberapa orang teman yang pernah mengalami sakit ini kami disarankan
untuk mandi berendam air hangat dengan diberikan bubuk oatmeal.Ini juga
mengurangi gatal dan bila bintul-bintul itu terkelupas nantinya sekalian
larut di air mandi kita dan nggak menyebar kemana-mana.
Biasanya rasa gatal itu sendiri akan semakin hebat pada masa bintul-bintul
itu mulai mengering, jadi sebaiknya anak bener-bener diawasi hingga nggak
menggaruk-garuk bintulnya yang bisa bikin lecet/luka dan terinfeksi.Atau
yang jelas jadi menimbulkan bekas yang kurang sedap dipandang mata.Kalau
telaten dengan sering berendam dan sering menggunakan lotion calamine ini,
bekas cacar air akan menghilang dengan baik(tidak ada bekasnya) setelah
satu atau dua minggu.
Itu saja bu Novita, sekedar sharing pengalan yang semoga bisa
membantu.Teriring do'a semoga putra ibu segera sembuh dan pulih sehat
sebagaimana sebelumnya

Regards,
Ummu Itqon

2540 Maynard st. apt#104