Saya baru bergabung dan berminat utk partisipasi dlm diskusi ttg asuransi.
Kerugian yg ditimbulkan Asuransi dpt terjadi dari Asuransi manapun.  Pada akhirnya
tergantung pada "nasib".  Keluarga mertua saya pernah mendapatkan pengalaman buruk
dari Asuransi BUMI PUTRA.  Kejadiannya sudah diatas 10 thn yg lalu. Uang pertanggungan
yg seharusnya turun maupun premi yg sudah disetorkan  semuanya hilang tanpa bekas.
Nilai uang pertanggungan diatas Rp100 jt pd tahun tsb (total nilai utk 5 orang anak) .
Kasus ini dibawa ke pengadilan, dan yg dinyatakan bersalah adalah Agent asuransinya.
Agent tsb akhirnya mendapat hukuman penjara selama bbrp thn. Pihak Asuransi BUMI PUTRA
hanya bisa menyatakan agentnya sbg oknum lalu dipecat, dan selebihnya tdk memberikan
pertanggung jawaban apapun secara financial kpd keluarga yg dirugikan.
Belum tentu utk saat ini maupun wkt yg akan datang ada kasus serupa yg terjadi pd
client Bumi Putra.  Namun, tidak ada salahnya agar pengalaman kami dpta menjadi bahan
pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Cheers,
Dewi Ratih Naim dan Keluarga
  Bram Andryanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Saya setuju bahwa lebih aman
ambil asuransi dari perusahaan asuransi lokal
seperti Bumi Putera atau Jiwasraya (keduanya sudah
berpengalaman >100tahun). Tapi kita jangan terkecoh dengan besarnya uang
yang kita terima. Keliatannya uang yang kita terima >200% tapi sebenernya
nggak lho, coba hitung pake Net Present Value (mempertimbangkan nilai waktu
dari uang), nggak nyampe segitu lho karena waktunya berbeda (waktu setor
premi dan waktu mendapatkan pertanggungannya),
dan nilai uang pada saat putra/putri kita menerima uang pertanggungan itu
juga tidak sebesar yang kita kira, saya pernah ngitung, kalo nggak salah
nilai uang 30juta nanti pada saat anak kita masuk universitas, kira-kira
hanya setara dengan +/- 4 juta nilai uang sekarang, dengan asumsi suku
bunga=12% per tahun).
Sebetulnya ada alternatif lain yang bisa jadi pertimbangan, yaitu sistem
index, artinya baik premi yang kita bayar maupun uang pertanggungan yang
akan kita peroleh akan disesuaikan dengan kondisi ekonomi pada saat itu,
konsekuensi logisnya premi naik terus tiap tahun, tapi nilai pertanggungan
yang kita terima nanti juga akan sesuai dengan nilai uang saat itu, misal
sekarang kita ngambil u.p. sebesar 10juta, maka yang akan kita terima nanti
adalah senilai 10juta saat ini (10juta * indeks ekonomi saat itu / indeks
ekonomi saat polis dibuat).
Kebetulan saya pilih yang sistem indeks ini (dari Jiwasraya) untuk anak
saya sejak dia berumur 2 tahun.
Sekian sharing saya, mudah-mudahan membantu.

Ayahnya Andini