Ibu Sari,

Kejadian yg Ibu alami sekarang juga pernah terjadi pada saya, sekarang putra
saya berumur 5 bulan setengah. Sayang Ibu tidak menerangkan apakah anak Ibu
laki-laki atau perempuan. Waktu putra saya berumur 1-3 bln juga sepertinya
susah buang air kecil plus menangis saat BAK, malahan wajahnya itu sampai
merah sekali saat akan BAK. Saya saat itu khawatir sekali dan kasihan
melihat kejadian tersebut. Setelah saya konsultasikan dgn DSA putra saya,
ternyata saya tidak perlu terlalu khawatir, karena selama (maaf yah)
penisnya itu tidak membengkak maka berati tidak terjadi penyumbatan saluran
kencing. karna jika terjadi saluran kencingnya tersumbat, anak itu harus
segera disunat untuk memperbesar saluran kencingnya.Yang perlu sekali
diperhatikan adalah kebersihan Kulup-nya, harus selalu dibersihkan dengan
menggunakan kapas halus dan air hangat agar tidak terjadi infeksi.
Alhamdulillah, sampai sekarang anak saya tidak kesulitan BAK, malahan selama
tidur bisa dibilang dia hampir tidak pernah pipis, tapi kalau sudah bangun
wah pipisnya nonstop deh.

Kalau bayi BAB-nya berubah-ubah warna itu masih wajar, selama BAB-nya tidak
keras yg sampai menyebabkan bayi kesakitan dan selama BAB-nya tidak ( maaf )
mencret.

DSA anak saya menyarankan, memang sebaiknya Ibu yg menyedot cairan di hidung
bayi yg sedang pilek, tapi sekarang kan ada alat yg khusus untuk itu.

Mudah-mudahan pengalaman saya ini dapat membantu Ibu.

SALAM
Maminya RAFIF

----- Original Message ----- From: <[EMAIL PROTECTED]>