  From: nm kid
  To: belajar-excel@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, March 19, 2009 12:12 PM
  Subject: Re: [belajar-excel] ada formula yg lain??

  Hai Haris,

  Time serial number selalu antara 0 dan 1. 1 berarti jam 24:00 hari itu atau
jam 00:00 hari berikutnya, dan 0 berarti jam 00:00 hari itu atau jam 24:00 hari
sebelumnya. Jadi, penambahan dengan 1 berarti menambahkan hari.

  Untuk mencari si-A itu pulang cepat atau tepat atau lembur berdasar satu
nilai waktu tertentu, operasikan aritmatik biasa. Karena ada syarat bahwa yang
dihitung hanya lemburnya saja (artinya, kalau pulang sebelum atau tepat 18:00
adalah tidak lembur disebut waktu lembur = 0), maka formula perhitungannya
diberi If()

  Misal : patokan pulang = TABEL!$C$6, data si-A pulang = C8, maka kolom lama
waktu lembur :
  =If(C8<TABEL!$C$6,0,C8-TABEL!$C$6)
  cells di format sebagai time hasilnya berupa 01:56 atau yang lainnya (berarti
si-A lembur 1 jam 56 menit)

  Karena waktu lembur dihitung kalau si-A sudah mengisi absensi pulang bertanda
'X' di cell D8, maka tambahkan formula if() ke formula if() yang tadi menjadi :
  =if(D8="X",If(C8<TABEL!$C$6,0,C8-TABEL!$C$6),"Belum Pulang")

  Kid