--- Pada Ming, 21/6/09, siti <setiyowati.d...@gmail.com> menulis:

Dari: siti <setiyowati.d...@gmail.com>
Topik: Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat funsi/rumus sendiri
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 21 Juni, 2009, 1:58 PM

      Mungkin yg dimaksud kira-kira begini:

kedetahui 4 nilai: A, B, C dan D

A, B, C berupa  bilangan sembarang

D berupa bilangan bulat

Hasil yg diinginkan:

NILAI   = (2 * A + A * B + C) / 5

dan hasil HARUS itu dibulatkan dengan jumlah angka di belakang koma

(pemisah desimal) = D digit.

Jadi perhitungannya sudah jelas, hanya masih kurang pembulatannya saja

Lengkapnya adalah

NILAI   = ROUND((2 * A + A * B + C) / 5, D)

Cara membuat FUNGSI SENDIRI (User Defined Function / udf)

Buka VBE (ALT + F11)

Buat (insertkan ) Module Standar  (menu > insert > Module )

Tuliskan di dalam module tsb:

Function NILAI(A As Double, B As Double, C As Double, Optional D As Integer = 0)

   NILAI = Round((2 * A + A * B + C) / 5, D)

End Function

Cara menggunakan fungsi buatan sendiri  di worksheet

(kembali ke worksheet dengan Alt+F11 juga)

=Nilai(NilaiA, NilaiB, NilaiC, NilaiD)

keempat ISI (Argument fungsi) tsb dapat dituliskan langsung sebagai

konstanta, atau

dapat pula berupa rujukan ke cell.

MASIH BANYAK HAL YG PERLU PENJELASAN, antara lain bahwa :

> aturannya Prosedur Function harus ditulis di Module Standar

> udf hanya berlaku di workbook di mana makro ditulis

> untuk memberlakukan udf disemua workbbok yg sedang dibuka,

workbook berisi udf di save as *.xla (add-in) - dan kemudian add-in di aktifkan

TETAPI SEMENTARA ITU DULU..

Selamat datang di dunia pemrograman, dunia yang sunyi, tapi penuh hura-hura...

-ctv-

On 6/21/09, Ade Rusliana <aderusliana@ yahoo.co. id> wrote:

> Hallo semuannya... .

> Langsung saja saya mau nanya nih...:

> 1. Bagaimanakah caranya membuat rumus/fungsi sendiri? contoh: saya ingin

> membuat sebuah fungsi NILAI, sehingga =NILAI(A1,B1, C1,2) berfungsi

> menghasilkan output (2xA1 + AxB1 + C1)/5 dengan hasil 2 desimal, jika angka

> dua tidak disertakan defaultnya 0 desimal.

> 2. Rumus di atas ingin berlaku otomatis di setiap membuka excel baru.

> sebenarnya masih banyak yang ingin saya tanyakan tapi itu saja dulu, mohon

> jawaban rinci karena saya benar benar awal dalam macro.

      Berbagi foto Flickr dengan teman di dalam Messenger. Jelajahi Yahoo!
Messenger yang serba baru sekarang! http://id..messenger.yahoo.com

Kirim email ke