--- Pada Ming, 21/6/09, siti <setiyowati.d...@gmail.com> menulis:

Dari: siti <setiyowati.d...@gmail.com>
Topik: Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat funsi/rumus sendiri
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 21 Juni, 2009, 10:01 PM

      (1) fungsi bawaan excel tertutup kemungkinannya untuk diubah; karena
source-nya tidak dapat diakses oleh user; ms office bukanlah opersource..jadi
paling mungkin: kita membuat sendiri fungsi yg mirip, atau mengkombinasikan
fungsi
yg telah ada dengan fungsi lain dan/atau operand lain (menjadi formula)
untuk memenuhi keperluan spesifik kita.belum lama 'kan ada contoh di milis ini,
sebuah mega-formula yg merupakan gabungan
banyak fungsi yg mampu menarik daftar Unique-Values dari sebuah deret data.Itu
hanya sebuah contoh bahwa keperluan khusus yg belum ada fungsi-bawaan-
nya kadang masih dapat diatasi dengan cara "mega-formula" spt itu.
Meng-"Compose" sebuah mega-formula yg rumit juga tidak kalah asyiknya dengan
kerjaanpemrograman.
(2)di vba tidak ada object cell, yg ada object range, ini hanya istilah saja.
sebagai object, dia punya banyak PROPERTIES, punya banyak METHODS, dan
mungkinpunya beberapa EVENTStiga hal ini cukup penting dalam pemrograman,
selain adanya Fungsi dan juga struktur
pengaturan jalannya program (misal pencabangan (IF -THEN dsb) dan juga
perulangan (FOR- NEXT, DO - LOOP, dsb)
Jika kita telah punya rujukan sebuah range, (mungkin range tunggal yg di woksit
dikenal sbg cell)
maka kita dapat merujuk range lain berdasarkan range yg telah kita punyai,
dengan cara mengubahnilai property nya.Misal dari Range("C1") kita dapat
merujuk C2 dengan  Range("C1").Cells(1,2)
atauRange("C1").Offset(0,1)Cells dan Offset itu adalah property milik object
Range.Jika rujukan tsb ingin sekaligus diselect, maka kita dapat memberlakukan
METHOD Select
Range("C1").Offset(0,1) .Select  menyebabkan cell C2 terselect (menjadi aktif
cell)Begitulah kira kira sebagian yg terjadi di VBA.
Begitu banyaknya Objects dan Membersnya, tidak perlu menjadikan kita gentar,
karena
kita tidak perlu menghafalkan; sebab di VBA sudah tersedia banyak bantuan,
misalnyaadanya AutoList dan juga ObjectBrowser.Jika ingin melihat daftar
Properties dan Methods maupun Members lain dari sebuah object,
dari VBE tekanlah F2 dan ObjectBrowser pun tanpa malas memunculkan dirinya.
(3)Sebagaimana di VB ada FORM, di VBA juga dimungkinkan membuat UserForm.Di
dalam UserForm dapat kita tempatkan object-object controls misal: TextBox,
Label, ComboBox,
ListBox, CheckBox, CommandButton dsb.FORM dapat "dibuat" di VBE dengan menu
Insert > UserForm.Object UserForm mempunyai modul tersendiri.Untuk
menampilkannya di Excel, UserForm   perlu di "panggil" dengan menambahkan
METHOD Show.
UsertForm1.Show
Terlampir dua tulisan mengenai "sekilas tentang VBA-Excel" (VBA-Excel at a
Glance), yg walaupunditulis dengan terbata-bata (berhubung minimnya
pengetahuan) serta hanya dgn semangat bercanda,
tetapi saya kira cukuplah buat pembuka pengenalan pemrograman
VBA-Excel. Tulisan itu pernah diposted di milis sebelah beberapa th y.l.
Mudah-mudahan bermanfaat.

siti

2009/6/21 Ade Rusliana <aderusliana@ yahoo.co. id>

> Yessss....! Tepat sekali memang itu yang saya maksud. > Saya sudah otak atik
> dan menghasilkan banyak fungsi buatan saya sendiri,
> pertanyaan saya lagi :
> 1. Apakah bisa membuka dan mengubah fungsi bawaan excel?
> 2. Apa saja sintak operasi sel?, misalnya menggeserkan sel/kursor, menhuju
> kesuatu sel dll, (

> 3. Bagaimana  membuat sebuah form pembuka untuk mengisi data awal?
>
> Nuhun, Terimakasihmbak Siti....
>
> --- Pada Ming, 21/6/09, siti <setiyowati.devi@ gmail.com> menulis:

> Dari: siti <setiyowati.devi@ gmail.com>
> [...]

      Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari
Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!
http://id.messenger.yahoo.com/invite/

Kirim email ke