VBA Fungtion  Cstr
sintaks :  Cstr(expresi_yg_menghasilkan_bilangan)
mengubah/mengkonversi data-bilangan menjadi data-teks
misal    X = Cstr(1000*4)   hasilnya = "4000"   bukan  4000

dlm konteks itu
CondPtak = (CStr(dTabel(i, 7).Value) = vPetak)
fungsi Cstr diperlukan karena mungkin pada Range dTabel Kolom ke 7
berisi bilangan; sedangkan ia akan dibandingkan dengan variable vPetak
yg mungkin bertype Text. Coba deh diperiksa

Jika kita membandingkan dua data, maka kedua data harus
punya data-type-nya sama. Kalau tidak sama, ya disamakan dulu..

Formula tidak dapat melaksanakan TINDAKAN !!
Pekerjaan seperti itu hanya dapat dilakukan dengan tindakan
bila dikerjakan manual kira-kira seperti ini
step 1: buka proteksi worksheet X
step 2: copykan data dari sheet lain ke worksheet X
step 3: proteksi kembali worksheet X

Jika hal tsb akan sering dikerjakan, dapat dibuat makronya
makro dapat dituliskan pada workshet dimana data akan diPaste-kan.

asumsi :
(1)
Data yg akan dicopy berasal dari workbook bernama LAIN.xls , Sheet1
Data berada mulai Cell A1 dan tidak disela oleh kolom / row kosong.
workbook tsb sudah dibuka
(2)
Daftar yg dibangun (yg sering ditambah itu) berada di Sheet1 pada workbook
dimana makro ditulis.
data juga ditulis mulai di cells A1 dan tidak disela oleh kolom maupun baris
kosong

Sub CopyNewRecordsFromOtherBook()
Dim LastR As Long
Dim LastRec As Range
Dim NewDat As Range

Sheet1.Unprotect "passwordnya"
LastR = Sheets(1).Cells(1).CurrentRegion.Rows.Count
Set LastRec = Sheets(1).Cells(LastR, 1)
Set NewDat = Workbooks("LAIN.xls").Sheets("Sheet1").Cells(1).CurrentRegion

NewDat.Copy
LastRec.PasteSpecial xlValues
Sheet1.Protect "passwordnya"

End Sub

Sebenarnya kalau pak Danan tidak segan browsing (googling)
semua yg ditanyakan itu akan terjawab (banyak sekali situs yg menjelaskannya)

Mungkin secara pop mas Kid ada kesempatan untuk menjalaskan , he he..
( halo mas Kid... )

Sementara itu di area FILES di milis ini
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/
Pak Danan dapat mengunduh file how_to_get_external_data.xlsx
ada hubungannya dengan hal yg ditanyakan.