ternyata ada kesalahan tulis yg baru ketahuan efeknya kalau tabel data sedang
kosong.

Lihat di module sheet "DATA"  / procedure: CmdAppendFrom_Click()
baris kedua setelah bagian deklarasi variables

   Sheets("Data").Unprotect pass
   LastR = Sheets("Data").Range("A5").CurrentRegion.Rows.Count + 3
   Set LastRec = Sheets("Data").Cells(LastR, 1)

seharusnya
   Sheets("Data").Unprotect pass
   LastR = Sheets("Data").Range("A3:A4").CurrentRegion.Rows.Count + 3
   Set LastRec = Sheets("Data").Cells(LastR, 1)

mudah mudahan penyakitnya sudah sembuh....

untuk diketahui, bahwa sheet yg akan dipakai sebagai database sebaiknya tidak
mengandung
merged cell (beberapa cell yg digabung) walaupun pada judul kolomnya (seperti
pada data
pak danan / sheet data tsb)
Merged cells itu hanya berguna untuk keperluan report (dilihat/dipandang)
tetapi jika di
aplikasikan pada sheet untuk data sering, mereka seringnya mengganggu ketepatan
merujuk data
/ alamat cell

juga: array formula tidak dapat ditulis di Merged Cells.
Hindari penggunaan merged cell bila range tsb akan diolah lebih lanjut.