Subject: Re: [belajar-excel] MS Query dari File Excel yang Berbeda
From: "Mr. Kid" <mr.nm...@gmail.com>
Date: 25/07/2011 4:21 PM

Coba susun querynya menggunakan long format pada bagian FROM nya
contoh :
select a.kol1, b.kol7 from [sheet1$] as a left outer join *
[d:\folderku\dataku.xls].[**sheet77$]* as b on a.kol1=b.kol5 where b.kol5 is
null

syntax object database :
[server].[nama_database].*[schema]*.[nama_tabel].[nama_kolom]

khusus [schema] biasanya pada database engine yang memiliki fitur schema
seperti MS SQL Server atau ORACLE.
Jadi, untuk bagian FROM yang hanya membutuhkan sampai level nama tabel, bisa
: (asumsi tidak punya schema)
[server].[nama_database].[nama_tabel]

Jika ada di komputer lokal :
[nama_database].[nama_tabel]

Yang umum, data dalam 1 database, sehingga cukup ditulis :
[nama_tabel]

Server bisa berupa ip address.
Nama database, bisa disertai fullpath seperti
Drive:\folderku\dataku\nama_databaseku.xls
Nama tabel di excel, jika merupakan sebuah sheet (bukan named range) ==>
[nama_sheet$]

Gunakan alias agar penulisan lebih singkat, seperti :
from [sheet1$] as a

Jika ternyata file excel yang akan dikoneksi adalah xl2007 ke atas yang
berformat open xml (xlsx atau apa aja yang 4 char extension-nya), gunakan
driver MS ACE OLEDB 12.0 dengan extended properties diisi :
Excel 12.0

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

Kirim email ke