makasih mas Kid,
sudah saya behasil coba query dari dua file excel database yang berbeda.

Bagaimana syntax connectionnya jika file workbooknya password protected?

saat ini saya akalin dengan membuat macro (code) yang menyimpan (save as) file
excel yang akan di-query ke workbook temporary tanpa password.

setelah macro query dijalankan dari workbook yang tidak dipassword, file
temporary tersebut dihapus.

wassalam
-zainul-

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "zainul_ulum\[at\]yahoo\[dot\]com"