[-1]  Blok / Select  Range A1:A10 (atau range yg anda kehendaki untuk
diberi pembatasan Input)
[+0]  Buka dialogBox Data Validation

di excel 2003: ada di menu  Data > Data Vaidation
di excel 2007: ada di Ribbon > Tab: Data > lihat di Group: Data Tools >
Data Validation

[image: data validation text length.PNG]

[+1]  pada kotak kombol "Allow": pilih *Text Length*
[+2]  pada kotak Minimum isikan 0
[+3]  pada kotak Maximum isikan 5
[+4]  *pesan panduan* dapat di set di halaman (tab) "Input Message"
[+5]  *pesan peringatan* bisa di set pada Halaman (Tab) "Error Alert"
[+6]  OK
[+99]  ke tokobuku beli buku panduan standard pengoperasioan Excel

*o'Seno*

*
*
*2012/2/9 Anton Gundul <antongun...@yahoo.com>
*

> * *
> *Dear Para Master dan Teman sekalian*
> *Kasusnya begini : saya ingin membatasi jumlah karakter yang bisa
> diinputkan dalam suatu cell ketika penginputan/pengetikan sedang
> berlangsung. Jadi misal saya mambatasi jumlah karakter di cell A1 sampai
> A10 maximal 5 karakter. maka ketika saya mulai mengetik karakter ke 6 akan
> muncul pesan peringatan.*
> *Saya sudah coba dengan data validation, tetapi jika memakai data
> validation, pesan peringatan akan muncul setelah pengetikan selesai/enter.
> *
> [...]

Kirim email ke