Nah ini yang saya maksud.... thanks banget Mr..

  ----- Original Message -----
  From: Mr. Kid
  To: belajar-excel@yahoogroups.com
  Sent: Friday, October 19, 2012 8:42 AM
  Subject: Re: [belajar-excel] Mendeteksi keystroke di lembar kerja

  Contoh catch event keystroke tanpa API.
  Kalau ingin membuat event sendiri, tetap pakai API. Contohnya seperti link
dalam posting lalu.

  2012/10/19 Mr. Kid <mr.nm...@gmail.com>

    Pak Heru,

    1. Saya pingin mendeteksi keystroke di lembar kerja, bisakah, bagaimana
caranya ?
        Misalkan kalo saya tekan Enter maka prosedur tertentu akan dieksekusi
    http://www.teachexcel.com/excel-help/excel-how-to.php?i=423869

    2. Bagaimana mencari teks di database Ms. Access dari lembar kerja excel
        dalam misal mencari teks "I/KP/11/00002" di field NO_GR
excel get external data (import data di xl2003)
nama_kolomnya = 'nilai teks dicari'
wherenya bisa mengambil nilai dari sebuah cell

      Terima  kasih

      Heru Safrudin

      _